Rabu, 08 Mei 2013

Tugas IAD 8



Tugas 8
Pemenuhan Kebutuhan Primer dan Sekunder dalam Kehidupan Baik Individu atau Bermasyarakat

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kesejahteraan. Kebutuhan manusia mencerminkan adanya perasaan kurangpuas yang ingin dipenuhi dalam diri manusia  yang muncul secara alamiah untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
1) Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Dengan kata lain, kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia tetap hidup. Kebutuhan tersebut muncul secara alami.Kebutuhan primer disebut juga ‘kebutuhan alamiah’.Contoh yang termasuk kedalam kebutuhan primer adalah kebutuhan untuk makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.
2) Kebutuhan Sekunder
Setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, manusia masih memerlukan kebutuhan lain yang bersifat pelengkap. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhans ekunder, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh yang termasuk kebutuhan sekunder di antaranya kebutuhan terhadap televisi, kulkas, meja, kursi, buku, dan alat tulis.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan individu atau masyarakat :
1.      Peradaban
Peradaban adalah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan  primer.
2.      Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor  yang  mempengaruhi kebutuhan manusia.
3.      Adat istiadat
Adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu / kelompok.
4.      Agama
Agama  termasuk salah satu  faktor  yang  membuat kebutuhan setiap individu berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar