Rabu, 10 April 2013

Tulisan portofolio 4



Tulisan portofolio 4
Pidato
Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Bapak ibu dosen yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunianyalah kita dapat kita dapat berkumpul menghadiri acara ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.
Hadirin yang berbahagia, di zaman sekarang ini sepertinya kita seakan sudah tidak memperdulikan  lagi arti penting menjaga lingkungan sekitar. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak dapat dipungkiri kebanyakan dari kita memiliki sikap acuh tak acuh terhadap kebersihan lingkungan. Misalnya dimanapun kita berada kita selalu membuang sampah sembarangan. Entah itu di pinggir jalan di tempat umum bahkan di saluran irigasi atau kali. Tanpa kita sadari hal itu membawa dampak buruk dan sangat merugikan bagi kita.
Marilah sejenak kita renungkan keadaan lingkungan di sekitar kita yang semakin hari bukan semakin baik tetapi semakin buruk. Karena perbuatan kita sendiri , Tidak hanya membuang sampah sembarangan saja salah satu penyebab lain yang dapat merusak lingkunagan adalah Penebangan Liar atau Ilegal Loging. Penebangan liar dapat berdampak buruk karena penebangan pohon dilakukan tanpa memperhitungkannya terlebih dahulu. Sehingga terjadi ketidakseimbangan antara pohon yang ditebang dan pohon yang tidak ditebang. Keberadaan pohon sangat berguna untuk menyerap air di tanah ketika terjadi hujan, sehingga tidak mengakibatkan banjir.
Kita boleh saja melakukan penebangan pohon untuk kepentingan yang bermanfaat, tetapi sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu. Jika sudah ada banyak pohon yang ditebang maka kita harus menggantinya dengan pohon yang baru seperti melakukan reboisasi.
Jika budaya buang sampah sembarangan dan penebangan liar masih saja diterapkan terhadap lingkungan. Maka tidak akan lama dampak buruk itu akan terjadi seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, sebaiknya mulai dari sekarang kita harus menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Agar kita dapat hidup lebih baik.
Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar