Senin, 22 April 2013

Tugas IAD 6


ENERGI YANG PALING BERPERAN/PALING SERING DIGUNAKAN OLEH MANUSIA


Di Bumi ini tentunya kita hidup dengan memerlukan energi  dalam kehidupan kita. Misalnya energi  yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu meliputi, Energi listrik dan Energi Panas (kalor). Energi listrik sering kita gunakan untuk menyalakan Televisi, Rice Cooker, Mesin Cuci dan berbagai macam benda yang memerlukan arus listrik. Sedangkan Energi  Panas biasanya sering digunakan untuk mengeringkan sesuatu, misalnya jemuran. Berikut ini adalah macam-macam energi yang paling berperan bagi manusia.

  •  Energi listrik adalah energi akhir yang dibutuhkan bagi peralatan listrik/energi yang tersimpan dalam arus listrik untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapa Joule sampai ribuan hingga jutaan Joule.
  • Energi kimia, yaitu energi yang tersusun atas senyawa - senyawa kimia. Contoh : batu bara, nasi, bensin.
  •  Energi panas ( kalor ), adalah energi yang dihasilkan atau timbul dari energi kinetik partikel - partikel penyusun benda. Contoh : panasnya sinar matahari.
  •  Energi bunyi, adalah energi yang di hasilkan oleh semua benda bergetar. Contoh : drum yang di pukul.
  •  Energi nuklir, adalah energi yang tersimpan di dalam atom unsur - unsur energi nuklir. Contoh: Bom Atom.
Manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1. sebagai pembangkit listrik (Energi Listrik)
2. Mengeringkan jemuran (Energi Panas/Kalor)
3. Sebagai bahan bakar (Energi Kimia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar