Minggu, 24 Maret 2013

Cerpen



 Lost Love
Karya : Amalia Kusuma Wardhani

Ini adalah kisah tentang seorang gadis cantik yang bernama Riana ia adalah gadis yang pintar dan penyayang . Riana merupakan sosok yang tegar dan mandiri, ia mempunyai seorang kakak perempuan yang bernama Raisya. Tidak seperti Riana, yang  dianugerahi kesehatan. Sang kakak Raisya memiliki penyakit yang sangat berbahaya dan penyakit itu sudah ia derita sejak dirinya berumur 8 tahun. Dokter telah mendiagnosa  bahwa Raisya mengidap penyakit leukimia . Tentunya hal ini sangat membuat Riana sedih, sejak saat itu Riana selalu berkorban apapun demi kebahagiaan kakaknya. Termasuk juga kasih sayang dan perhatian kedua orangtuanya.  Riana memiliki seorang kekasih yang bernama Reza. Mereka sudah menjalin hubungan selama 4 tahun, bahkan mereka sudah bertunangan. Teman-teman Riana menjuluki Riana dan Reza sebagai pasangan yang sangat romantis. Karena sepertinya mereka berdua sudah tidak dapat terpisahkan. Dimana ada Riana pasti pada saat yang sama juga ada Reza disampingnya. Pada suatu saat hubungan mereka berdua di uji, Riana harus pergi untuk melanjutkan studinya di London . Dan Reza sepertinya juga tidak keberatan dengan keputusan kekasihnya itu. Ia rela menunggu Riana hingga studi kekasihnya itu selesai. Walaupun 4 tahun lamanya. Mereka bersepakat untuk saling setia walaupun menjalin  hubungan jarak jauh.  Riana dan Reza percaya bahwa cincin pertunangan yang telah terikat dijari manis mereka masing-masing  akan selalu mengingatkan mereka berdua akan kekuatan cinta yang mereka miliki.

Keesokan harinya Reza, papa,mama dan kakak Riana ikut mengantar Riana ke bandara. Karena pada saat itu Riana harus pergi ke London untuk melanjutkan kuliahnya. Sangat berat bagi Riana ketika dia harus meninggalkan orang-orang yang sangat ia cintai. Tapi mengingat tekatnya yang sangat kuat dan cita-cita yang ingin tercapai ia berusaha untuk lebih tegar menghadapi semuanya.

6 Bulan telah berlalu, Riana menjalani kehidupannya seperti mahasiswi pada umumnya. Karena disana ia hanya seorang diri. Kadang-kadang dia merasa kerepotan harus mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari beres-beres, cuci baju, cuci piring dan lain-lain semua dia kerjakan sendiri di apartemennya itu. Karena Riana adalah perempuan yang mandiri sepertinya dia sudah terbiasa dengan aktifitasnya itu. Hal yang paling tidak bisa disembunyikan Riana yaitu ketika dia kangen dengan keluarganya terutama Reza tunangannya. Kadang tidak jarang ia menangis di kamar sambil melihat foto orang-orang yang sangat dia sayangi. Papa dan Mamanya belum bisa dating ke London untuk menemuinya Karena harus mengurus Raisya yang sedang sakit. Sedangkan Reza juga belum menemuinya Karena Reza sedang sibuk. Maklum saja Reza adalah seorang  pengusaha muda.  Tetapi Riana tidak mempermasalahkannya dan mengerti akan hal itu.
            Dua minggu sudah berlalu, Riana menjalani aktifitasnya seperti biasa yaitu berkuliah. Walaupun Riana adalah anak dari seorang keluarga yang sangat berada. Ia sama sekali tidak manja, ia ke kampus menggunakan bis. Tidak seperti teman-teman lainnya yang menggunakan mobil. Saat diperjalanan bis yang ditumpangi Riana sepertinya bermasalah, tiba-tiba saja bisnya oleng dan supir kehilangan kendali. Akhirnya bis itu tergelincir dan jatuh ke sungai.Tubuh Riana terhempas ke sungai. Lalu Riana tidak sadarkan diri dan mengalami koma di sebuah rumah sakit di London. Akibat kecelakaan itu. Pada saat itu Riana tidak membawa kartu identitas apapun sehingga polisi agak sulit untuk menghubungi keluarganya.  Tiba-tiba ada seseorang yang baik yang membantu Riana. Dia adalah Tirta Orang Indonesia yang  menetap di London.  Selama Riana belum sadarkan diri ia yang akan merawat dan membiayai biaya pengobatan Riana di Rumah Sakit.
            Berhari-hari tanpa kabar, Keluarga Riana sangat cemas dan menghawatirkan gadis cantik itu. Tiba-tiba telepon rumah berbunyi. Sepertinya ada seseorang sedang memberikan kabar pada mama Riana, yang saat itu mengangkat teleponnya. Mendengar kabar tentang kecelakaan anak bungsunya  itu. Tentu saja perasaan mama Riana sangat sedih dan tidak mempercayainya. Untuk memastikan kebenarannya Reza pergi ke London untuk mencari Informasi dan kebenaran kabar tersebut. Namun semua itu tidak dapat membuahkan hasil apapun Reza sudah mencari ke seluruh kota. Tapi tetap saja tidak ada yang mengetahui keberadaan tunangannya itu. Bahkan teman Riana sekalipun. Reza merasa sangat sedih dan hatinya sangat hancur saat seorang teman Riana mengatakan bahwa kemungkinan besar Riana tidak selamat dari kecelakaan itu. Lalu ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Sudah satu tahun berlalu tetapi sampai satu tahun tersebut belum ada kabar juga tentang Riana. Jika memang benar Riana tidak selamat dari kecelakaan itu keluarga Riana dan Reza pasrah akan hal tersebut. Dan berharap yang terbaik untuk Riana. Selama satu tahun itu sepertinya tanpa disadari  Reza telah menaruh hati dan menjalin kedekatan dengan Raisya.  Sepertinya mereka berdua sudah saling mencintai. Reza melihat ada sosok Riana didalam diri Raisya. Karena  hal itulah Reza jatuh cinta kepada Raisya.

                                                           ***
Ditempat lain ada seorang gadis yang telah tersadar dari komanya yaitu Riana. Ia telah mengalami koma selama satu tahun lamanya. Setelah ia tersadar dari komanya ia tidak dapat mengingat apapun bahkan dia tidak dapat mengenali dirinya sendiri. Ia mengalami amnesia setelah kecelakaan itu. Tetapi beruntunglah ada Tirta dokter muda yang selalu setia mendampinginya selama satu tahun belakangan ini.  Tirta sangat baik ia tidak pernah lelah untuk membantu Riana. Sejak saat itu Riana dan Tirta menjalin hubungan yang sangat dekat.
                                                           ***
            Setelah menjalani pendekatan yang cukup lama, akhirnya Reza dan Raisya memutuskan untuk membawa hubungan mereka kea rah yang lebih serius yaitu pernikahan. Dari pernikahan tersebut Reza dan Raisya memiliki satu orang anak perempuan yang bernama Fira. Mereka  membangun keluarga yang bahagia dan menjadi keluarga harmonis.
                                                                       ***
            Waktu telah berlalu, sepertinya ingatan Rianapun mulai pulih ia telah mengingat semuanya. Ia telah mengingat keluarganya. Ia telah mengingat bahwa dirinya sudah bertunangan dengan Reza dan ia juga mengingat mama, papa dan kakaknya yang bernama Raisya. Setelah mengetahui smua itu Tirta merasa senang karena ingatan Riana telah pulih. Namun Tirta juga sedih karena ia sudah tau bahwa Riana telah bertunangan. Diam-diam  Tirta menaruh hati pada Riana. Meskipun Riana tidak menyadarinya.

***
            Riana dan Tirta datang ke Indonesia untuk menemui keluarga Riana. Dan melepas kerinduan Riana yang sudah bertahun-tahun tidak pulang ke Indonesia. Setelah sampai  di rumah, Riana langsung menemui kedua orangtuanya. Kedua orangtua Riana sangat terkejut, karena mereka mengira Riana tidak selamat dalam kecelakaan itu. Mereka sangat senang dan bersyukur, bahwa anak  bungsunya yang cantik ternyata masih hidup. Riana melihat seorang anak perempuan di rumahnya. Ia tidak tahu bahwa anak perempuan itu adalah keponakannya. Anak dari kakaknya Raisya dan Reza tunangannya. Raisya sangat senang karena adiknya dapat kembali pulang dengan selamat. Tetapi ia juga bingung harus menjelaskan apa kepada adiknya, bahwa ia telah menikah dengan Reza.

***
            Setelah  pulang dari kantor Reza merasa terkejut setelah  melihat Riana ada di rumah dan menyambutnya. Riana memeluk Reza dengan sangat erat, seperti dulu saat Reza masih menjadi tunangannya. Mengingat kondisi Riana yang baru pulih. Mama dan Papa Riana memang belum  menjelaskan  kejadian yang saat ini telah terjadi.  Reza dan Raisya juga masih menyembunyikan pernikahan mereka dari Riana. Tetapi Riana mulai curiga saat Fira memanggil Reza dengan sebutan papa. Ia sangat bingung, dan meminta penjelasan pada orangtuanya. Lalu mereka menjelaskan apa yang sebenarnya telah terjadi. Setelah mendengar itu semua. Riana merasa sangat sedih dan sakit hati. Ia mengira bahwa Reza  telah menghianati cintanya. Dan ia masih tidak habis pikir bahwa kakaknya  telah menikah dengan orang yang sangat ia cintai. Ia belum bisa menerima semua itu.

            Riana berusaha untuk tegar menghadapi  semua masalahnya, bahkan ia berusaha menerima bahwa kakaknya telah menikah dengan Reza. Ia menganggap  bahwa kakaknya lebih membutuhkan Reza dari pada dirinya. Meskipun kenyataan ini sangat berat untuk diterimanya. Rasa cinta yang masih ada di dalam hati Riana untuk Reza. Itu adalah perasaan yang membuat hatinya semakin sakit.

      ***
Seiring  berjalannya waktu Riana dapat menerima kenyataan itu. Ia berusaha membuka hatinya untuk Tirta. Seseorang yang selama ini selalu setia berada disampingnya, bahkan disaat-saat tersulit bagi Riana. Hubungan Riana dan Tirta sudah sangat jauh. Mereka juga sudah merencanakan pernikahan. Beberapa minggu lagi mereka akan menikah. Dan sepertinya Riana harus meninggalkan masa lalunya bersama Reza.

            Waktunya telah tiba, beberapa detik lagi Riana akan menikah dengan dengan Tirta. Tetapi di dalam hatinya masih saja ada bayang- bayang  Reza. Mungkin Riana belum sepenuhnya dapat melupakan Reza. Ia sadar perasaan itu seharusnya sudah ia lupakan. Karena tidak mungkin ia mencintai suami kakaknya. Saat pernikahan akan berlangsung tiba-tiba penyakit Raisya kumat. Lalu Raisya di bawa ke rumah sakit. Dan ternyata penyakit  leukimia Raisya, sudah sangat parah. Raisya sadar bahwa hidupnya sudah tidak akan  lama lagi. Dan ia menitipkan amanat pada Riana, bahwa Riana harus merawat anaknya dan menyayangi  anaknya seperti anak kandung Riana sendiri. Raisya meminta maaf pada Riana karena ia merasa telah menghianati adiknya itu. Raisya juga meminta agar Riana menikah dengan Reza. Raisya percaya bahwa Riana dapat menjadi ibu yang baik bagi Fira anaknya. Setelah mengungkapkan itu semua. Sepertinya Raisya sudah tidak dapat bertahan lagi. Ia telah pergi untuk selamanya. Riana sangat sedih dan berjanji bahwa ia akan melaksanakan amanat kakaknya itu dengan baik.

      ***
            Tirta sadar bahwa sebenarnya hati Riana masih dimiliki oleh Reza. Dan sepertinya ia tidak dapat memaksakan perasaan Riana. Tirta memutuskan bahwa pernikahannya itu tidak dapat diteruskan . Tirta memang sangat mencintai Riana. Dia rela mengorbankan apapun demi kebahagiaan  Riana. Meskipun itu sangat meluakai hatinya. Mungkin cinta memang tak harus memiliki.

      ***
Cinta yang hilang atau lost love itu akhirnya dipertemukan kembali. Dalam ikatan suci pernikahan, Reza dan Riana akhirnya menikah, mereka terlihat sangat bahagia. Mereka membangun keluarga yang harmonis dengan dilandasi kekuatan cinta yang mereka punya.  Mereka dikaruniai  satu orang anak laki-laki. Fira sangat senang karena dia mempunyai adik. Mereka saling menyayangi satu sama lain. Dan hidup dengan bahagia.
      ***

Selesai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar